About Brisbane :))

Brisbane adalah sebuah kota kecil menarik yang berlokasi di tepian Brisbane River. Kota ini mempunyai central bisnis yang ramai, dinamakan Queen Street Mall dengan deretan took-toko yang menawarkan barang dari Paris. Café-café bersih nampak ada disekitaran mata.. Pantai kota, promenade di tepi sungai dan pasar akhir pekan di South Bank Parklands adalah beberapa alternatif tempat yang paling terkenal di kota ini.

Tidak mengherankan bila Kota Brisbane lebih tepat sebagai kota peristirahatan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan masa pensiun mereka. Ketenangan itu pun dapat ditengok dari keindahan lanskap Kota Brisbane, ketika mendaki sebuah pegunungan atau lebih tepatnya bukit bernama Mountain Coot-tha Forest.

Pegunungan seluas 1.500 hektare ini mempunyai area terbuka dengan pemandangan kota yang sangat indah. Untuk menikmati lebih dekat lagi, tersedia fasilitas teropong gratis yang dapat digunakan sehingga dapat melihat detail sudut kota dengan lebih jelas.

Untuk menjelajah area hutan di pegunungan tersebut disediakan pula lintasan pejalan kaki yang menghubungkan berbagai area seperti Brisbane Botanic Garden, Gold Mine track, dan area piknik.

Pusat Kota Brisbane dikelilingi sungai dengan bentuknya yang mirip huruf U. Dari sudut yang tepat di lekukan Sungai Brisbane terbentang sungai jernih yang melintas di antara bangunan tinggi khas kota metropolitan. Tapi Brisbane tetap mempertahankan bangunan warisan sehingga menjadi daya tarik tersendiri di antara bangunan megah dan modern yang ada.

Brisbane menawarkan semua fasilitas dan layanan yang diharapkan dari sebuah kota besar modern, namun tetap memelihara kehidupan yang rileks dan tenang tanpa kemacetan lalu lintas dan polusi. Dengan keragaman budaya dan latar belakang etnik yang luas, Brisbane juga menawarkan tingkat kebebasan pribadi yang tinggi yang ada dalam suatu masyarakat multi budaya yang sesungguhnya. Orang-orang Brisbane ramah, menyenangkan, dan akan membuat Anda merasa seperti di rumah.



Bersantai di kebun-kebun tepi pantai nan rindang di South Bank, lalu menjelajahi pasar dan berenang di lagunanya. Mengendarai sepeda melintasi City Botanic Gardens dan menuruni tebing di Kangaroo Point. Menyusuri sungai di atas perahu uap yang indah atau naik kapal feri berkecepatan tinggi menuju pedesaan dalam kota yang penuh kemeriahan seperti Bulimba dan New Farm. Bila Anda adalah penggemar budaya, maka jelajahi berbagai galeri seni dan museum, saksikan langsung pertunjukkan yang ditampilkan oleh Balet, Opera atau Orkestra Queensland atau menonton teater mutakhir di Powerhouse. Di pusat kegiatan berperahu di dekat Teluk dan Kepulauan Moreton, Anda bisa berenang, berkayak di laut, snorkeling di antara terumbu karang, menaiki kereta luncur dari bukit pasir tertinggi di dunia, atau menyewa perahu layar atau bercengkerama dengan ikan marlin.

Lima hal yang harus Anda lakukan di Brisbane

1. Menyusuri sungai dan bersantai di kebun
Mengendarai sepeda di bawah pohon bakau dan pohon makadamia di City Botanic Gardens atau meluncur di atas jalan apung dengan memakai roller blade. Lalu berpesiar melintasi sungai dengan kapal uap kayu, melihat langsung burung pelikan dan naga air timur. Bersantai atau berpiknik di bawah pohon palem di kebun-kebun tepi sungai seluas 17 hektar di South Bank. Di sini Anda bisa berenang di laguna dan kolam di Paul Breka Beach, menjelajahi pasar, mengunjungi bioskop terbuka musim panas dan bersantap di alam terbuka. Mengikuti jejak seni khas Aborigin melintasi padang semak di Mount Coot-Tha Reserve, juga merupakan tempat untuk melihat langsung beragam satwa liar asli dan menikmati pemandangan kota yang terbentang luas. Di kaki gunung, Anda bisa menjelajahi zona tropis, hutan hujan dan taman-taman khas Jepang di Brisbane Botanic Gardens. Bercanda dengan koala dan melihat langsung berbagai hewan seperti posum, kanguru, wombat, burung emu dan lyrebird di Lone Pine Koala Sanctuary, yang bisa ditempuh dalam waktu singkat dengan naik bus dari pusat kota.

2. Menikmati budaya dan arsitektur
Melihat kerangka dinosaurus Queensland di Queensland Museum serta karya sejumlah seniman ternama Australia di Queensland Art Gallery. Keduanya terletak di Queensland Cultural Centre yang luas di South Bank. Di malam hari, berkunjung ke panggung Queensland Performing Arts Centre atau menyaksikan pertunjukan yang dibawakan oleh Balet, Opera atau Orkestra Queensland. Menyaksikan langsung pertunjukan sandiwara, menjelajahi galeri seni dan bersantap di ruang industri yang telah bertransformasi di Powerhouse, yang menjulang di atas sungai yang lebar dengan air berwarna coklat menyerupai pemandangan pasca-apokaliptik. Brisbane juga merupakan rumah bagi banyak lembaga budaya yang menempati gedung-gedung rakyat kuno, seperti Customs House, Treasury Building, Brisbane City Hall, Commissariat Store dan Old Mill. Di Brisbane, katedral batu pasir dan rumah-rumah panggung bergaya klasik milik warga Queensland berbaur indah dengan gedung-gedung pencakar langit.

3. Jejakkan kaki di perairan dan kepulauan di Moreton Bay
Berkayak di laut dari North Stradboke Island atau Moreton Island atau memancing di laut dalam dari Scarborough, Bribie Island, Manly atau Raby Bay. Menaiki jet ski dan berselancar angin di Redcliffe Peninsula atau berselancar layang di Wellington Point. Meluncur dari atas bukit pasir tertinggi di dunia dengan papan luncur toboggan atau mobil pasir di Moreton Island. Menyelam ditemani berbagai ikan warna-warni, udang, terumbu karang dan penyu di Cowan’s Artificial Reef, Flinders Reef dan di bangkai kapal karam Tangalooma. Menyaksikan langsung paus bungkuk antara bulan Juli dan Oktober serta lumba-lumba dan duyung sepanjang tahun. Bertemu dengan kawanan koala di Victoria Point dan ratusan burung yang hilir-mudik di Egret Colony dan Boondall Wetlands. Bersepeda air dari Coochiemudlo Island lalu bersepeda gunung di atas lintasan BMX di Cleveland dan Deception Bay. Berkendara mobil gardan ganda ke pulau Moreton, North Stradbroke dan Bribie. Melihat pohon banyan tertua milik Queensland di Cleveland Point, pohon-pohon berparut dan timbunan sampah suku Aborigin di Redlands dan Myora Springs serta pemukiman kuno para tawanan di St Helena Island.

4. Bersantap, minum dan menikmati kehidupan desa perkotaan
Mendengarkan pertunjukan musik, berbelanja di pusat perbelanjaan terbuka yang ramai dan menyantap pangsit ala Chinatown di Fortitude Valley, pusat budaya Brisbane. Tidak jauh di New Farm, Anda bisa menyaksikan orang lalu-lalang dari kafe-kafe bergaya, membeli santapan lezat dari kedai-kedai makanan ternama dan bertamasya di taman-taman tepi sungai. Bersantap di restoran yang disulap dari bangunan gudang, dan menjelajahi ruang industri yang sudah bertransformasi di Powerhouse, yang sekarang menjadi pusat pertunjukan seni yang ramai dikunjungi. Menumpang kapal feri CityCat menuju Bulimba. Lalu kunjungi Paddington nan permai dan menjelajahi berbagai bar, kafe dan restoran ternama di Latrobe and Given Terraces. Lalu nikmati pemandangan rumah-rumah tradisional milik warga Queensland yang tersebar di perbukitan dan jalanan yang lebar. Seberangi sungai untuk berkunjung ke restoran bergaya dan teater rumah seni di West End, pertokoan di Stones Corner dan kilang bir paling ternama di Queensland.

5. Menikmati petualangan
Menuruni atau mendaki tebing-tebing di Kangaroo Point Cliffs saat matahari terbit atau di malam hari ketika kota bermandikan cahaya. Daki Story Bridge untuk menikmati pemandangan 360 derajat yang spektakuler. Terjun bebas dengan payung terjun gandeng atau melayang melintasi kota dengan menggunakan balon udara panas. Anda bahkan dapat meluncur seperti burung melintasi Sunshine Coast di atas motor glider. Menyusuri Sungai Brisbane di atas gondola emas, perahu uap bersejarah atau kapal pesiar untuk melihat satwa liar. Atau ikut serta dalam pesiar mewah untuk melihat langsung paus dari Redcliffe Peninsula, hanya 30 menit ke utara Brisbane. Mengikuti pesiar lingkungan melintasi Pulau Bribie dan Pegunungan Glasshouse menuju Taman Bahari Pumicestone Passage. Mengikuti jelajah padang semak, berenang, berkendara mobil gardan ganda, melihat langsung satwa liar dan menjelajahi gua kunang-kunang dalam sebuah tamasya lingkungan ke Springbrook dan Taman Nasional Lamington. Lihat langsung pemandangan kota dengan menaiki Harley Davidson atau berkuda melintasi padang semak yang terbentang di pinggiran kota.

http://www.resep.web.id/traveling/brisbane-kota-indah-di-queensland.htm
http://www.australia.com/id/things_to_do/coastal_journeys.aspx

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - this is iega's blog :)) | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top